Pages

Bab 3

Senin, 31 Januari 2011


Latihan 3.1
1)      Bagaimana etika penggunaan perangkat TIK di tempat ibadah?
Jawab :
a.       Tidak enggunakan perangkat TIK di tempat ibadah
b.      Profil  ponsel harap diubah ke profil silent
2)      Sebutkan contoh perbuatan yang melanggar etika penggunaan perangkat TIK!
Jawab :
 Menyebarkan ancamann, teror, informasi palsu, mencuri data perusahaan ataupun merusak jaringan komputer.
3)      Bagaimana sebaiknya menjawab panggilan ponsel pada saat rapat?
Jawab :
Merubah ke profil silent jika ada panggilan dimatikan

Latihan 3.2
1)      Apakah yang dimaksud dengan etika dalam hidup bermasyarakat?
Jawab :
Menghargai hasil karya orang lain
2)      Bagaimankah cara kita untuk menghargai hasil karya orang lain?
Jawab :
a.       Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seizing pemilik hak paten
b.      Tidak mengubah, mengurangi hasi lkarya orang lain
c.       Tidak menggunakan perangkat lunak untuk kejahatan
d.      Menggunakan perangkat lunak yang asli
3)      Sebutkan beberap sistem operasi yang dibuat oleh Mc.Corp!
Jawab :
Microsoft Windows XP dan Vista, serta Mc. Office 2003 dan 2007


Latihan 3.3
1)      Bagaimana prinsip kesehatan dan keselamatan kerja menggunakan komputer?
Jawab :
a.       Memperhatikan peralatan komputer yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan
b.      Posisi duduk dan jarak pandang dengan monitor yang benar
2)      Mengapa kita tidak boleh menggunakan laptop di atas bantal atau kasur?
Jawab :
Karena komponen dalam laptop akan lebih cepat panas karena sistem pendinginnya minim.
3)      Mengapa kita harus mematikan ponsel pada saat naik pesawat terbang?
Jawab :
Karena gelombang elektronik magnetic yang dipancarkan dapat mengganggu alat navigasi di kabin pesawat, sehingga dapat menyebabkan pesawat terbang kehilangan kendali dan arah.


A.     Pendahuluan
Dalam hidup bermasyarakat, kita dibatasi aturan-aturan  etika dan moral yang berkembang dalam masyarakat. Etika merupakan konsep pembenaran oleh masyarakat terhadap hasil pemikiran manusia. Artinya konsep ini merupakan tata nilai yang berkembang dari nilai-nilai kebenaran hasil pemikiran manusia.
B.      Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras TIK.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup semua peralatan yang digunakan manusia untuk menyebarkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain.
Dengan semakin majunya teknologi dan semakin bebasnya penggunaan perangkat tersebut, pengguna diharapkan dapat mematuhi Erika yang ada. Contohnya antara lain:
1.       Tidak menggunakan alat-alat TIK di tempat ibadah, ruang kuiah, saat diskusi, serta waktu dan tempat lain yang dapat mengganggu konsentrasi orang-orang disekitarnya.
2.       Profil ponsel harap diubah ke profil silent atau getar pada saat memasuki lingkungan dan waktu di atas.
3.       Tidak menggunakan alat-alat TIK untuk melakukan kejahatan, seperti menyebarkan ancaman, terror.ataupun informasi palsu, dan mencuri data perusahaan ataupun merusak jaringan computer.
C.        Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras TIK

Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.
1. Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software sistem operasi Micosoft Windws, MS DOS, Software aplikasi Microsoft Office, dan lain-lain.

2. Adobe Corp. Mengeluarka software aplikasi Adobe Photoshop. Adobe PageMaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat, dan lain-lain.

3. Corel Corp. Mengeluarkan software aplikasi CorelDraw, WordPerfect, dan lain-lain.

4. Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip, dan lain-lain.

5. Xing Technology Corp. Mengeluarkan program multimedia ZingMPEG Player, dan lain-lain.

6. Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton, dan lain-lain.

Usaha untuk menghasilkan ide atau gagasan hingga mewujudkan suatu produk, tentulah tidak mudah. Perlu banyak pengorbanan baik materi, waktu, pikiran, maupun tenaga. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi kita untuk menghargai hasil karya seseorang. Berikut ini beberapa cara untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangkat lunak komputer.

1. Tidak membajak, menyalin, atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.

2. Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain.

3. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.

4. Menggunakan perangkat lunak yang asli. 


D.       Menerapkan Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan kerja dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK.

1.            Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Komputer.

2.            Prinsip Kesehatan dan keselamatan Kerja dalam Menggunakan Ponsel.

E.        Menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam TIK

1.            Lisensi Perangkat Lunak.

            2.      Upaya Melindungi Hak Cipta.

Jaringan Komputer

JARINGAN

    Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak padaprinter yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/softwareyang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Daftar Isi:
SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
    Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
    Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
    Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pun
    Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
JENIS JARINGAN KOMPUTER
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu; 
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

latihan 2.3 ( hal.25)

LATIHAN 2.3

1.)Sebutkan empat komponen utama penunjang komputer!
JAWAB:Perangkat masukan (input devices), perangkat pemrosesan(CPU),perangkat penyimpanan(storage devices),perangkat keluaran (output devices)

2.)jelaskan secara singkat mengenai cpu
JAWAB:CPUmerupakan pusat pengolah dan pengontrolan segala pemrosesan data

3.)Apabila anda mempunyai CD-ROM dengan kecepatan sebesar 40x, maka berapakah transfer per detiknya?
JAWAB : 40 x 150 KB/s = 600 KB/s

4.) Apa fungsi dari flashdisk?
JAWAB : alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB

5.) Apakah yang dimaksud dengan resolusi gambar?
JAWAB : kualitas gambar pada layar monitor.


latihan 2.2 (hal.20)

LATIHAN 2.2

1.) jelaskan fungsi kerja CPU!
JAWAB :
a. Control Unit, bertugas untuk menerjemahkan perintaha atau intruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian komputer
b. Arithmatic Logic Unit, untuk memproses data melalui perhitungan, penambahan dan pengurangan, perbandingan serta logika.
c. Memory, sebagai penampung atau menyimpan data pada proses aplikasi yang dimasukkan ke komputer

2.)konversikan bilangan biner (basis 2) dibawah ini menjadi basis 10!
JAWAB:a.) 00101 = (0 x 24) + (0 x 23) + (1 x 22) + (0 x 21) + (1 x 20)
                               = 0 + 0 + 4 + 0 + 1 = 5
               b.)10010  = (1 x 24) + (0 x 23) + (0 x 22) + (1 x 21) + (0 x 20)
                               = 16 + 0 + 0 + 2 + 1 = 19
               c.)11100  = (1 x 24) +( 1 x 23) + ( 1 x 22) + ( 0 x 21) + (0 x 20)
                               = 16 + 8 + 4 + 0 + 0 = 28
               d.)10102  = ( 1 x 24) + (0 x 23) + (1 x 22) + (0 x 21) + (2 x 20)
                               = 16 + 0 + 4 + 0 + 2 = 22

3.)Apakah perbedaan antara Byte dan bit?
JAWAB: Byte merupakan kumpulan dari beberapa bit ,dan 8 bit dikelompokan menjadi 1 Byte

4.)Apakah kepanjangan dari ASCII?
JAWAB :AMERICAN STANDARD CODE FOR INFORMATIOAN INTERCHANGE


5.)Jelaskan fungsi dari kode ASCII di komputer!
JAWAB :untuk mewakili karakter seperi angka dan huruf seperti 1,23,a,b dan sebagainya

latihan 2.1 (hal.19)

LATIHAN 2.1

1.)sebutkan peralatan telekomunikasi yang anda ketahui!
JAWAB : a.telepon
                b.radio
                c.televisi
                d.jaringan komputer

2.) jelaskan kelebihan telepon genggam dibandingkan dengan telepon konvensional!
JAWAB : pada dasarnya telapon genggam mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional, namun dapat dibawa kemana-mana(portable) dan tidak perlu disambungan dengan jarinagn telepon menggunakn kabel(wireless)

3.) sebutkan tujuan dari jaringan komputer!
JAWAB : a. membagi sumber daya
                b. komunikasi
                c. akses informasi

PR-latihan 1.2


1)      Sebutkan kategori perangkat lunak aplikasi yang kamu ketahui!
Jawab   : a.       Pengolah kata (office suite)
                  b.      Pengolah Grafis ( graphic suite)
                  c.    Multimedia
                  d.      Web Browser
2)      Sebutkan perangkat lunak bawaan sistem operasi Windows Vista!
Jawab   : a.       Pengolah Kata
                  b.      Pengolah Gambar
                  c.       Multimedia
                  d.      Web Browser
3)      Bagaimana cara mengaktifkan aplikasi pada sistem operasi Windows Vista?
Jawab   : a.       Melalui shortcut yang terdapat di desktop
                  b.      Melalui start menu
                  c.       Melalui file dokumen yang bersangkutan.

PR-latihan 1.1

1) Bagaimana prosedur mengaktifkan komputer?
Jawab : a. Pastikan kabel power dikomputer sudah terhubung dengan jaringan listrik.
b. Hidupkan CPU dengan menekan tombol on atau power di casing.
c. Hidupkan monitor dengan menggunakan tombol on atau power di monitor.
d. Tunggu sampai prosedur booting selesai yang ditandai dengan tampilnya gambar desktop di layar monitor.
2) Bagaimana mematikan komputer?
Jawab : a. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif
b. Klik tombol Start dengan mouse di desktop menu.
c. Klik tombol shut down.
d. Tunggulah beberapa saat sampai komputer mati sendiri.
3) Apa yang harus dilakukan jika komputer hang atau crash?
Jawab : Jika komputer mengalami crash atau hang sehingga tidak bisa menjalankan prosedur standar untuk mematikan komputer, maka dapat digunakan tombol reset untuk me-restart komputer.